Tuesday, April 16, 2013


Apa makanan dapat membantu seseorang menjadi sehat? Apa saja hal-hal yang harus kita makan untuk melawan penyakit secara efektif? Apakah makanan dapat meningkatkan energi kita? Makanan apa yang paling efektif untuk membakar lemak kita? Makanan sehat adalah penting dan bermanfaat bagi kesehatan kita. Makanan kesehatan populer termasuk makanan alami, makanan organik, seluruh makanan dan suplemen bahkan makanan. Ada juga makanan yang mengklaim manfaat kesehatan tertentu. Tidak ada definisi yang tepat seperti apa makanan kesehatan seharusnya. Namun, Food and Drug Administration dari Amerika Serikat telah menginstruksikan produsen makanan tidak label barang-barang mereka sesehat jika mereka mengandung jumlah tinggi gula, garam atau lemak. Jadi apa makanan tertentu yang harus kita fokuskan? Berikut adalah daftar sepuluh makanan tersehat di dunia.

1. Alpukat 

Buah ini mengandung 50 persen serat dan 40 persen dari folat yang Anda butuhkan untuk dikosumsi setiap hari. Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan mengembangkan masalah jantung. Buah ini juga memiliki lemak sehat yang dapat membantu mengurangi kolesterol sebanyak 22 persen. Salad yang mengandung beta karoten dapat diserap lebih baik dengan menambahkan alpukat, seperti yang telah ditemukan buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan gizi sebanyak lima kali.

2. Kacang

Kacang adalah kudapan yang sangat baik jika lebih sering dikonsumsi. Kacang merupakan sumber vitamin, protein, mineral, antioksidan, dan vitamin. Asam amino yang terkandung di dalam kacang baik untuk masa pertumbuhan. Kandungan yang terdapat di dalam kacang juga mampu meningkatkan energi tubuh. Kacang juga diketahui sebagai salah satu kudapan anti-kanker. Seperti disiarkan boldsky.com, antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi risiko kanker usus. Kandungan poly-phenolic (sejenis antioksidan), beta-sitosterol, serta phytosterols, dapat mengurangi pembentukan zat karsinogen yang terbentuk pada usus besar, payudara, bahkan prostat.

3. Brokoli

Brokoli telah lama diketahui sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan karena kandungan gizi di dalamnya. Sayuran itu tak hanya mengandung antioksidan termasuk vitamin C, brokoli juga merupakan sumber alami asam folat.Asupan asam folat membantu mencegah penyakit hati. Sayuran berwarna hijau juga berpotensi dan melindungi untuk melawan perkembangan penyakit kanker. Hasil penelitian Journal Arteriosclerosis Thrombosis and Vascular Biology mengklaim, brokoli efektif mencegah serangan jantung dan stroke. Zat kimia sulforaphane yang terkandung di dalam brokoli, menurut peneliti, berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri.

4. Coklat Hitam

Cokelat hitam sudah lama diketahui manfaatnya bagi kesehatan. Hasil analisa terhadap 20 studi menunjukkan, konsumsi cokelat hitam setiap hari akan menurunkan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan The Cochrane Group melaporkan, zat aktif dalam cokelat bermanfaat untuk membuat pembuluh darah lebih rileks. Akibatnya, tekanan darah pun turun. Zat aktif yang punya efek positif tersebut adalah flavonol, yang di dalam tubuh akan menghasilkan zat kimia oksida nitrat dan membuat pembuluh darah lemas sehingga darah lebih lancar bersirkulasi.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, yang telah ditemukan untuk menurunkan kolesterol dan tingkat tekanan darah. Hal ini juga berfungsi sebagai agen anti inflamasi. Pastikan untuk tidak terlalu lama itu, namun, karena akan kehilangan nutrisi penting bila terkena panas tinggi selama lebih dari sepuluh menit. Cara terbaik untuk memaksimalkan allicin yang terkandung dalam makanan ini adalah dengan menghancurkan bawang putih. Bawang putih juga dikenal untuk membantu memerangi penyakit karena kemampuannya untuk bakteri counter

Artikel Sebelumnya :


0 comments:

Post a Comment

Tolong berikan tanggapan tentang artikel yang sudah anda baca. Terimakasih, bila anda menyampaikan kritik, karena kritik, membuat blog ini menjadi lebih baik.

 
Toggle Footer